STUDI SURVEI KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN MEMANFAATKAN BIGBOOK DI SD NEGERI PURWOREJO

  • Hanindya Restu Aulia Universitas Pekalongan
  • Ariesma Setyarum Universitas Pekalongan
Keywords: bigbook, keterampilan berbicara, media pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan berbicara dengan
bantuan bigbook pada siswa SD Negeri 1 Purworejo, Sragi, Kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif berbentuk
survei. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 yang berjumlah 48 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, dan teknik komunikasi
langsung dengan alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan lembar
wawancara. Analisis data kualitatif terdiri atas empat alur kegiatan yaitu:
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian
yang didapat sebagai berikut: (1) keterampilan berbicara SD Purworejo sudah baik;
(2) guru berupaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan
menggunakan big book berhasil.

Published
2023-01-30