EXPERIENTAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DARING BAHASA INDONESIA DI MTs MAGELANG (SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN ABAD 21)

  • Mimi Mulyani Universitas Tidar
  • Farikah Farikah Universitas Tidar
  • Arika Rini Universitas Tidar
  • Jendriadi Jendriadi Universitas Tidar
Keywords: experiental Learning, pembelajaran daring, kurikulum abad 21

Abstract

Tujuan penulisan makalah ini yaitu untuk menjelaskan dan mendeskripsikan
penggunaan pembelajaran daring serta mengidentifikasi kesesuaian metode experiental
learning dalam pembelajaran daring Bahasa Indonesia di MTs Magelang. Analisis
menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan instrumen penelitian pedoman
kuesioner google form. Dari data kuesioner dapat dideskripsikan semua madrasah
melaksanakan pembelajaran secara daring dengan menggunakan media online yaitu
whatsapp. Metode pembelajaran experiental learning sudah dilaksanakan di beberapa
madrasah pada materi-materi tertentu. Kurikulum abad 21 yang diterapkan di
madrasah, terutama madrasah tsanawiyah telah ikut memperkuat pembangunan
karakter siswa. Jadi, disimpulkan mata pelajaran Bahasa Indonesia di kurikulum abad
21 yang diimplementasikan dalam metode experiental learning sudah dilaksanakan
oleh semua madrasah negeri di Kabupaten dan Kota Magelang. Langkah-langkah dalam
metode tersebut sudah dilaksanakan para guru Bahasa Indonesia karena ternyata
proses pembelajaran lebih kondusif. Hanya saja tidak semua materi disampaikan
dengan metode tersebut karena membutuhkan waktu yang relatif lama karena proses
pembelajaran tidak dilaksanakan secara luring/tatap muka melainkan dalam
jaringan/online

Published
2023-01-30