FUNGSI BAHASA PADA UNGKAPAN NUMERIS DALAM TEKS IKLAN ECOMMERCE
Abstract
Iklan mengalami migrasi dari koran cetak ke media sosial. Sebagai penikmat, dalam menerima teks
iklan yang berwujud numerik, manusia mengalami kenikmatan hingga dapat mengibatkan kecanduan
dalam berbelanja. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan fungsi bahasa pada ungkapan numeris
dalam teks iklan e-commerce. Jenis penelitian ini termasuk deskriptif dengan menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif. data penelitian berupa ungkapan yang mengandung kata numeralia
atau ungkapan numeris pada iklan e-commerce. Adapun sumber data penelitian berwujud bahasa tulis
teks iklan dari e-commerce, seperti Gojek, Grab, dan Tokopedia. Metode yang digunakan dalam
pengumpulan data yaitu metode dokumentasi, simak, dan teknik lanjutan catat. Data sebelum
dianalisis terlebih dahulu dilakukan validasi data menggunakan trianggulasi teori dan sumber.
Analisis data menggunakan teori Halliday (1975) dalam menganalisis fungsi bahasa. Hasil
menunjukkan bahwa fungsi bahasa pada ungkapan numeris berupa fungsi instrumental, regulasi,
pemerian, dan heuristik. Bahkan, fungsi instrumental memiliki variasi leksikal lebih dari fungsi
lainya.