STRATEGI PEMBELAJARAN MATA KULIAH ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DENGAN KERANGKA MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) DI ERA DISRUPTIF

  • Meilan Arsanti Universitas Islam Sultan Agung
  • Evi Chamalah Universitas Islam Sultan Agung
  • Aida Azizah Universitas Islam Sultan Agung
Keywords: strategi pembelajaran, analisis kesalahan berbahasa, MBKM, disruptif

Abstract

Salah satu tujuan yang ingin dicapai melalui MBKM di tingkat Perguruan
Tinggi adalah untuk menyiapkan mahasiswanya agar memiliki keahlian dan
pengalaman. Hal tersebut dimaksudkan agar kelak mahasiswa setelah lulus siap
terjun di dunia kerja. Dalam prosesnya mahasiswa dibekali teori dan praktik
melalui mata kuliah di masing-masing Prodi dan luar Prodi sesuai dengan konsep
yang dipilih dalam kerangka MBKM. Penelitian ini dilakukan untuk
mendeskripsikan strategi pembelajaran pada mata kuliah Analisis Kesalahan
Berbahasa di Prodi PBSI jenjang S-1 dengan kerangka MBKM. Metode penelitian
yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui
bahwa mahasiswa dapat memiliki keahlian menjadi editor naskah melalui mata
kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa. Untuk mempraktikkan teori yang diperoleh,
mahasiswa dapat melaksanakan program magang di penerbitan-penerbitan yang
sudah menjadi mitra Prodi PBSI sesuai kerangka MBKM. Selama pelaksanaan
program magang tersebut mahasiswa dapat memperoleh pengalaman yang sangat
bermanfaat sebagai bekal menapaki dunia kerja. Dengan demikian, mahasiswa
tidak hanya belajar secara teoretis, tetapi juga secara praktik.

Published
2023-01-30