OPTIMALISASI PERAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENANAMKAN WAWASAN MITIGASI BENCANA

  • Susetyo Susetyo Universitas PGRI Yogyakarta
Keywords: peran, bahasa Indonesia, mitigasi bencana

Abstract

Indonesia merupakan wilayah teritorial yang rawan bencana karena berada pada
pertemuan tiga lempeng tektonik utama dunia. yaitu lempeng (1) Philipina, (2) Pasifik, dan
(3) Australia. Kondisi pertemuan lempeng tersebut menyebabkan Indonesia berpotensi
terhadap gempa bumi, letusan gunung berapi, tanah longsor dan tsunami. Indonesia
memiliki kondisi geografis yang sangat rentan terhadap bencana terutama banjir dan
perubahan iklim. Dampak yang ditimbulkan oleh bencana sangat besar, yaitu banyak
korban jiwa manusia, rumah dan ribuan fasilitas umum rusak, banyak binatang peliharaan
yang mati, lingkungan rusak, dan adanya dampak psikologis. Sektor pendidikan
mempunyai peran penting dalam mendudukung program pemerintah untuk mengurangi
bencana. Untuk itu, pendidikan mitigasi bencana sangat penting dilaksanakan di sekolah
dan bahkan di perguruan tinggi. Dalam kaitannya dengan implementasi pendidikan,
mitigasi bencana di sekolah dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu: (1) menyisipkan
materi mitigasi bencana pada mata pelajaran atau mata kuliah tertentu dan (2) kegiatan
ekstrakulikuler yang diadakan, baik di sekolah maupun di perguruan tinggi. Dalam
pelaksanaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah wawasan mitigasi bencana dapat
dioptimalkan dengan cara mengintegrasikan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan
mata pelajaran lain, seperti dengan Mata Pelajaran Geografi, Sejarah, Ekonomi, IPA, dan
sebagainya dan khusus dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dapat diintegrasikan
antarketerampilan, seperti menyimak dengan berbicara, menyimak dengan menulis, atau
membaca dengan menulis serta kegiatan-kegiatan ekstrakurikulur. Wawasan mitigasi
bencana dapat dipahami dengan optimal apabila telah ada kurikulum, dilaksanakan
dengan model dan metode pembelajaran yang cocok, ada bahan ajarnya, disampaikan
dengan media pembelajaran yang sesuai dan menarik, dilaksanakan oleh guru yang
menguasai materi kebencanaan dan kaitannya dengan Mata Pelajaran Bahasa Idonesia,
peserta didiknya telah memahami mitigasi bencana dengan baik, dan dievaluasi
kemampuannya dilihat dan diamati dari pengalaman peserta didik dalam proses belajar
mengajar

Published
2023-01-30