STRATEGI PENINGKATAN LITERASI PESERTA DIDIK BERBASIS ASESMEN DIAGNOSTIK KETERAMPILAN BERBAHASA

  • Eva Ardiana Indrariani Universitas PGRI Semarang
  • Nanik Setyawati Universitas PGRI Semarang
  • Latif Anshori Kurniawan Universitas PGRI Semarang
Keywords: strategi peningkatan literasi, asesmen diagnostik, keterampilan berbahasa

Abstract

Asesmen diagnostik sebagai prasyarat pelaksanaan pembelajaran yang
memerdekakan menjadi hal fundamental dalam kurikulum merdeka.
Identifikasi kompetensi, kekuatan, dan kelemahan peserta didik dalam
pembelajaran penting untuk dilakukan sehingga pendidik betul-betul dapat
menyiapkan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik
peserta didik. Tingkat literasi bangsa Indonesia yang masih rendah
memerlukan perhatian serius para pendidik saat ini. Asesmen diagnostik
keterampilan berbahasa: menyimak, membaca, memirsa, menulis, dan
berbicara menjadi pilar utama dalam perancangan strategi peningkatan
literasi peserta didik. Hasil asesmen diagnostik keterampilan berbahasa
menjadi modal utama para pendidik untuk meningkatkan literasi peserta
didik. Identifikasi potensi awal keterampilan berbahasa peserta didik akan
membukakan referensi pendidik yang berkaitan dengan keterampilan
berbahasa peserta didik yang menonjol, keterampilan berbahasa yang perlu
diasah; sehingga kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan literasi peserta
didik secara bermakna.

Published
2023-01-30