EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KALIBAGOR

  • Siti Fathonah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Hera Septriana Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Menulis, Teks Deskripsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran berbasis
proyek dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi. Penelitian ini
dilakasanakan di SMP N 1 Kalibagor. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah
kuantitatif. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah kelas VII di SMP N 1 Kalibagor dengan jumlah 232 siswa. Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas VII B dengan jumlah siswa adalah 32 siswa sebagai kelas
eksperimen dan kelas VII C dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil
penelitian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis
deskriptif dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis
proyek. Hal tersebut berdasarkan data rata-rata pemerolehan nilai siswa kelas VII B
atau kelas eksperimen adalah 86,25 dan siswa kelas VIIC kelas kontrol adalah
67,34. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis
proyek dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas VII SMP N 1
Kalibagor.

Published
2023-01-30