OPTIMALISASI PEMAHAMAN KONSEP KOMPONEN-KOMPONEN KURIKULUM 2013 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN: STUDI KASUS MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

  • Isnaeni Praptanti Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Hera Septriana Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Keywords: Pemahaman Konsep Kurikulum, Calon Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan pemahaman mahasiswa semester 3
atau calon guru mengenai konsep-konsep yang terkandung pada komponenkomponen Kurikulum 2013. Selain itu, juga untuk mengasah keterampilan calon
guru dalam merumuskan komponen-komponen perangkat pembelajaran
Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan
menggunakan media video dan power point sebagai medianya. Objek penelitian
pada kegiatan ini adalah mahasiswa semester 3 Universitas Muhammadiyah
Purwokerto. Berdasarkan hasil penelitian terindikasi bahwa melalui model
pembelajaran discovery learning, dapat membantu mahasiswa dalam memahami
konsep komponen-komponen Kurikulum 2013.

Published
2023-01-30