PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS BERBASIS KEARIFAN LOKAL YANG MENGINTEGRASIKAN NILAI KARAKTER BANGSA DI SMK

  • Khabib Sholeh Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nurul Setyorini Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Semi Sukarni Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Aris Aryanto Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Main Sufanti Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: bahan ajar, kearifan lokal, nilai karakter

Abstract

Sekolah dengan totalitas yang lebih tinggi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter
memperoleh prestasi akademik lebih baik. Namun demikian, bahan ajar yang sekarang
digunakan belum semuanya mengintegrasikan karakter sebagaimana menjadi program
prioritas pemerintah saat ini. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan
produk bahan ajar menulis berbasis kearifan lokal yang mengintegrasikan nilai karakter dan
menguji efektivitas bahan ajar tersebut dalam meningkatkan literasi lingkungan dan
keterampilan komunikasi sains. Desain penelitian ini menggunakan Analysis, Design,
Development, Implementation and Evaluation (ADDIE). Tahap analysis yaitu mengidentifikasi
kearifan lokal dan menganalisis kompetensi dasar SMK. Tahap design yaitu menyusun bahan
ajar berbasis kearifan lokal berdasarkan unsur mikro, unsur makro, layout bahan ajar dan
internalisasi nilai-nilai kearifan lokal yang mengintegrasikan nilai karakter bangsa. Tahap
Development dilakukan untuk menguji kelayakan bahan ajar dan mendapatkan masukan dari
dosen ahli dan guru. Tahap Implementation yaitu menerapkan bahan ajar menulis berbasis
kearifan lokal yang mengintegrasikan nilai karakter bangsa untuk mengetahui efektivitas bahan
ajar dalam meningkatkan literasi lingkungan dan keterampilan komunikasi sains. Penerapan
bahan ajar dilakukan pada kelas X dengan random sampling dan menggunakan desain pretestpostest non-equivalent control group design. Tahap evaluation yaitu mengevaluasi keseluruhan
bahan untuk mendapatkan bahan ajar yang baik. Hasil implementasi menunjukkan bahan ajar
menulis berbasis kearifan lokal efektif untuk meningkatkan literasi lingkungan dan
keterampilan komunikasi sains. Peserta didik juga memberikan respon positif terhadap bahan
ajar yang telah disusun.

Published
2023-01-30