PENILAIAN MULTILITERASI DALAM PEMBELAJARAN SASTRA BERBASIS AUTHENTHIC ASSESMENT

  • Qurrota Ayu Neina Universitas Negeri Semarang
  • Wagiran Wagiran Universitas Negeri Semarang
Keywords: multiliterasi, sastra, penilaian otentik

Abstract

Secara substansial artikel ini bertujuan untuk memaparkan konsep dan bentuk penilaian
multiliterasi dalam pembelajaran sastra berbasis authenthic assessment. Hal ini dikarenakan
terdapat permasalahan yang muncul dalam penilaian pembelajaran sastra, yaitu belum adanya
kesesuaian sistem penilaian yang menyeluruh. Dalam hal ini, penilaian pembelajaran sastra
dalam hal kemampuan apresiasi dan kreasi belum mendapatkan proporsi yang cukup. Padahal,
melalui kedua kemampuan inilah kemampuan bersastra seseorang dapat diketahui secara
holistis. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem penilaian yang mampu menilai proses pembelajaran
sastra secara komprehensif. Berdasarkan hasil analisis teori, disimpulkan bahwa salah satu
bentuk penilaian yang tepat dalam pembelajaran sastra adalah penilaian multiliterasi berbasis
authenthic assessment. Penilaian ini menggunakan pendekatan student centered assessment yang
mengajak pemelajar untuk memahami konteks dalam pembelajaran sastra melalui proses
inkuiri kritis, baik dalam proses apresiasi, maupun ekspresi sastra. Harapannya, sistem
penilaian ini mampu menilai proses pembelajaran sastra secara menyeluruh sehingga dapat
mengukur kemampuan apresiasi dan ekspresi sastra secara komprehensif.

Published
2023-02-02