MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI STRATEGI MODELING THE WAY PADA MATA KULIAH BERBICARA

  • Lalita Melasarianti Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
  • Uki Harres Yulianti Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
Keywords: keterampilan, mahasiswa, berbicara, strategi, modelling the way

Abstract

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Angkatan 2022, merupakan pelajar yang terkena
dampak pandemi. Mereka melaksanakan proses pembelajaran secara daring, untuk itu interaksi
sosial selama proses mengikuti proses pembelajaran sangat berkurang. Hal ini, berkelanjutan
saat mereka memasuki bangku kuliah semester 1 yang mendapatkan mata kuliah Berbicara.
Mahasiswa merasa cemas dan tidak percaya diri saat berbicara di depan umum. Peneliti sebagai
pengampu mata kuliah Berbicara, berupaya memberikan strategi yang efektif dalam proses
pembelajaran, guna mewujudkan capaian dan tujuan pembelajaran mata kuliah Berbicara.
Untuk itu, penelitian ini memiki tujuan: 1) Mengetahui proses penerapan Strategi Modeling The
Way pada mata kuliah Berbicara dan 2) Mengetahui keefektifan penerapan Strategi Modeling
The Way pada mata kuliah Berbicara.
Penelitian ini menggunakan metode deskripti kualitatif. Pemaparan penelitian ini memusatkan
pada permasalahan yang sifatnya aktual. Nantinya, untuk menggambarkan permasalahan yang
diteliti dideskirpsikan sebagaimana yang terjadi di lapangan dan disertai dengan interpretasi
rasional. Peneliti tidak hanya mendeskripsikan fenomena-fenomena hasil penelitian, tetapi juga
menjelaskan, menguji hipotesis, membuat prediksi, dan mendapatkan makna implikasi dari
suatu masalah yang telah difokuskan. Instrumen yang digunakan yaitu pelaku (human
instrument) dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Analisis
Interaktif, yang terdiri: 1) Pengumpulan data (data collection), 2 ) Reduksi data (data reduction),
3) Penyajian data (data display), dan 4) Penarikan kesimpulan (conclusion).
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Proses pembelajaran mata kuliah Berbicara dengan
menerapkan Strategi Modeling The Way pada mata kuliah Berbicara berjalan dengan lancar.
Mahasiswa dikelompokkan dan diberi contoh peragaan berupa video salah satu pidato orang
ternama sebagai ilustrasi pembelajaran. 2) Penerapan Strategi Modeling The Way pada mata
kuliah Berbicara sangat efektif. Mereka merasa terbantu, termotivasi, dan senang mengikuti
mata kuliah Berbicara dengan Strategi Modeling The Way pada mata kuliah Berbicara.
Mahasiswa memiliki berbagai latar belakang yang bisa menjadi kendala dalam mengikuti mata
kuliah Berbicara. Untuk itu, Strategi Modeling The Way yang diterapkan pada mata kuliah
Berbicara berhasil mengatasi kendala yang dialami Mahasiswa.

Published
2023-02-02