KOMPETENSI KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

  • Setyawan Pujiono Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: HOTS, kognitif, penilaian

Abstract

Standar penilaian kognitif dapat dilakukan dengan mengadaptasi model penilaian
berstandar internasional, yaitu Higher Order Thinking Skill (HOTS). Begitu pula standar
kompetensi kognitif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia seharusnya berbasis HOTS.
Terkait hal itu, artikel ini bertujuan menyajikan penilaian kompetensi kognitif dalam
pembelajaran bahasa. Metode penulisan artikel ini menggunakan studi pustaka. Studi
pustaka untuk membahas teori yang terkait masalah kompetensi kognitif pembelajaran
bahasa. Hasilnya bahwa penilaian kognitif dapat disusun dari tingkat rendah (LOTS)
yaitu pada level C1 (mengingat), C2 (memahami), dan C3 (menerapkan), sedangkan
untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) yaitu pada level C4 (menganalisis), C5
(mengevaluasi), dan C6 (menciptakan). Bentuk soal HOTS dapat menggunakan soal
pilihan ganda, benar-salah, isian, penjodohan, subjektif/uraian hingga uraian objektif.
Bentuk penilaian yang paling mudah dikembangkan dalam pembelajaran bahasa adalah
dalam bentuk pertanyaan uraian dan pilihan ganda.

Published
2023-02-02