KEEFEKTIFAN BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN

  • Kusmarwanti Kusmarwanti Universitas Negeri Yogyakarta
  • Else Liliani Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: blended learning, menulis cerpen, penelitian eksperimen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis
cerpen yang signifikan antara mahasiswa yang mengikuti blended learning dan
mahasiswa mengikuti pembelajaran konvensional. Selain itu, penelitian ini juga
bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan blended learning untuk
pembelajaran menulis cerpen pada mahasiswa jurusan PBSI FBS UNY. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Setelah melakukan uji homogenitas,
akan ditentukan kelas kontrol dan kelas eksperimennya. Pengambilan data
dilakukan dengan pretes, postes, dan pengamatan dalam pembelajaran tatap
muka dan online. Hasil pretes dan postes kemudian diuji dengan uji-t untuk
menunjukkan tingkat signifikansi keefektifannya. Hasil Penelitian menunjukkan
ada perbedaaan yang signifikan antara kelompok yang diajar menulis cerpen
dengan blended learning dan kelompok yang diajar menulis cerpen tanpa blended
learning pada mahasiswa jurusan mahasiswa PBSI FBS UNY. Hasil uji-t
menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) sebesar 0, 035 atau lebih kecil dari 0,05.
menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, metode blended
learning terbukti efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis cerpen
bagi mahasiswa jurusan PBSI FBS UNY.

Published
2023-02-02