OPTIMALISASI PENILAIAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

  • Dwi Hanti Rahayu Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: penilaian, assessment of learning, assessment for learning, assessment as leraning

Abstract

Penilaian merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dalam satu rangkaian kegiatan
pembelajaran. Penilaian harus dilakukan secara cermat dan akurat. Penggunaaan pendekatan
penilaian perlu disesuaikan dengan tujuan penilaian. Selain untuk mengetahui keberhasilan
belajar siswa, penilaian juga dimaksudkan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas
pembelajaran.
Tulisan ini membahas pendekatan penilaian yang harus digunakan untuk mendapatkan
informasi yang dibutuhkan sesuai tujuan penilaian yang dilaksanakan. Pendekatan yang
digunakan dalam penilaian meliputi assessment of learning (AoL), assessmnet for learning (AfL),
dan assessment as learning (AaL). Ketiga pendekatan ini harus digunakan secara seimbang,
sehingga tidak saja hasil belajar yang dapat diketahui, tetapi proses pembelajaran pun dapat
diamati, bahkan hal inilah yang paling utama sebagai tujuan penilaian. Beberapa langkah yang
dapat dilakukan untuk meningkatkan penggunaan pendekatan penilaian melalui assessmnet for
learning, dan assessment as learning dibahas juga dalam tulisan ini. Hal ini disampaikan untuk
meningkatkan keseimbangan penggunaan pendekatan penilaian, yang selama ini memang
belum tercapai.

Published
2023-02-02