PENGEMBANGAN BUKU AJAR DRAMA UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE

  • J. B. Judha Jiwangga Universitas Sanata Dharma
  • B. Widharyanto Universitas Sanata Dharma
Keywords: Pertunjukan Drama Realis, Buku Ajar, Pembelajaran Drama, TPACK.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar drama yang difokuskan pada
pertunjukan drama realis sebagai bahan ajar mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia. Buku ajar drama menggunakan pendekatan technological pedagogical content
knowledge (TPACK) yang memberikan pembahaman dasar dan umum tentang dinamika
penciptaan pertunjukan drama realis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
pengembangan dari Borg dan Gall (1983) yang dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian,
Tahapan penelitian terbagi menjadi lima tahap yaitu analisis kebutuhan, penyusunan desain
produk, penyusunan produk, penilaian produk dan revisi produk. Hasil penelitian yang
dilakukan meliputi 1) desain produk berupa Rancangan Perkuliahan Semester (RPS) pada mata
kuliah Pergelaran Sastra atau mata kuliah praktik drama, 2) produk buku ajar pertunjukan
drama realis, dan 3) video suplemen pembelajaran yang menjadi pelengkap buku ajar.

Published
2023-02-02