COTEACHING DAN COLLABORATIVE STRATEGIC READING: SEBUAH CARA UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN LITERASI SASTRA

  • Esti Swatika Sari Universitas Negeri Yogyakarta
  • Beniati Lestyarini Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: literasi, sastra, coteaching, collaborative strategic reading

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran literasi sastra
berdasarkan coteaching dan collaborative strategic reading. Strategi ini memadukan unsur
kolaborasi dari beberapa pihak (komite sekolah, kepala sekolah, pustakawan, guru, siswa,
dan wali siswa) dengan berbagai alternatif coteaching dan pemanfaatan sarana literasi.
Desain penelitian desain pengembangan model R2D2 (A Recursive, Reflective Design and
Development Model) yang diperkenalkan oleh Willis (1995), yang terdiri dari tiga
komponen, yaitu (1) penetapan, (2) desain dan pengembangan, dan (3) penyebarluasan.
Subjek uji meliputi tiga kelompok, yakni kelompok ahli (ahli metodologi pembelajaran
bahasa Indonesia dan ahli literasi (membaca), kelompok praktisi (guru, pustakawan,
komite, dan kepala sekolah), dan kelompok pemakai (siswa, wali siswa). Adapun sekolah
yang dijadikan model adalah SMP Negei 3 Sewon, Bantul, Yogyakarta. Instrumen penelitian
yang dipakai untuk mengumpulkan data meliputi angket, wawancara, dan tes. Validasi
produk dilakukan melalui expert judgment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model
pembelajaran literasi sastra berbasis coteaching model team teaching dan collaborative
strategic reading dapat dilaksanakan dengan baik dan melibatkan aktivitas literasi yakni
membaca dan menulis sastra.

Published
2023-02-02