ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN GAMIFIKASI BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

  • Purwati Zisca Diana Universitas Ahmad Dahlan
  • Roni Sulistiyono Universitas Ahmad Dahlan
  • Zultiyanti Zultiyanti Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: analisis kebutuhan, android, gamifikasi, pembelajaran bahasa Indonesia

Abstract

Peserta didik di masa sekarang dapat disebut sebagai siswa generasi-z. Generasi
yang terlahir di masa segala informasi dapat diperoleh dalam genggaman. Hal ini
menjadi tantangan bagi guru dalam merancang media pembelajaran digital yang
sesuai dengan karakteristik peserta didik dalam belajar. Media pembelajaran
gamifikasi berbasis android menjadi salah satu pengembangan inovasi
pembelajaran. penelitian ini bertujuan mendeskripsikan analisis kebutuhan untuk
merancang media pembelajaran gamifikasi berbasis android dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan
(R&D) dengan pendekatan Borg & Gall. Teknik pengumpulan yang digunakan
berupa angket analisis kebutuhan pengembangan media gamifikasi berbasis
android pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Angket tersebut dianalisis
menggunakan analisis deskriptif sesuai hasil responden terkait: (1) analisis
perangkat pembelajaran; (2) analisis media pembelajaran; dan (3) analisis materi
pembelajaran. Hasil analisis kebutuhan ini menunjukkan bahwa perangkat
pembelajaran yang digunakan oleh guru berupa RPP (rencana pelaksanaan
pembelajaran) dari Kurikulum 2013. Media pembelajaran yang digunakan pun
masih berupa tampilan power point dan video youtube. Materi yang menemui
kendala pada proses pembelajaran di antaranya teks cerita hikayat dan teks
negosiasi. Berdasarkan hal tersebut, rancangan pengembangan media pembelajaran
gamifikasi berbasis android pada pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bentuk
solusi yang tepat.

Published
2023-02-02