TEKS BERMUATAN LINGKUNGAN SEBAGAI BAHAN AJAR MEMBACA KRITIS DENGAN PENDEKATAN LITERASI KRITIS DI PERGURUAN TINGGI

  • Asep Purwo Yudi Utomo Universitas Negeri Semarang
  • Andayani Andayani Universitas Sebelas Maret
  • Atikah Anindyarini Universitas Sebelas Maret
Keywords: teks, lingkungan, membaca kritis, literasi kritis, bahan ajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teks dengan
bermuatan lingkungan sebagai bahan ajar membaca kritis dengan pendekatan
literasi kritis di perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalan
desain penelitian deskriptif kualitatif yang bersifat studi pustaka dan
wawancara mendalam. Penelitian ini menggunakan bahan pustaka seperti
buku-buku referensi, artikel, tesis, disertasi, dan materi lainnya sebagai objek
yang utama dan dikuatkan dengan wawancara. Hasil kajian menunjukkan
bahwa teks bermuatan lingkungan dapat digunakan sebagai bahan ajar
membaca kritis dengan pendekatan literasi kritis di perguruan tinggi. Dari
teks tersebut, mahasiswa dapat melatih keterampilan membaca kritis dan
berpikir kritis tentang bagaimana menjaga lingkungan sampai pada
melakukan upaya untuk mengurangi dampak kerusakan ekologis.
Keterampilan membaca kritis menuntut mahasiswa dalam memecahkan
berbagai permasalahan yang ada melalui berbagai informasi yang berkualitas
sehingga mahasiswa dapat menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi apa
yang dibaca. Selain itu dengan keterampilan berpikir kritis, materi ajar
bermuatan lingkungan sekaligus dapat digunakan sebagai sumber literasi dan
stimulus tentang lingkungan.

Published
2023-02-02