PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS QUIZZIZ DALAM PEMBELAJARAN TEKS FABEL KELAS VII SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL

  • Idha Nur Utami Universitas PGRI Yogyakarta
  • Nina Widyaningsih Universitas PGRI Yogyakarta
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pengembangan, Quizziz

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) mengetahui pengembangkan Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) berbasis Quizziz dalam pembelajaran teks fabel; 2)
mengetahui kualitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Quizziz
berdasarkan penilaian ahli; 3) mengetahui daya tarik Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) berbasis Quizziz yang dikembangkan; 4) mengetahui efektivitas Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Quizziz dalam pembelajaran teks fabel.
Penelitian ini memiliki jenis yaitu pengembangan (Research and Development)
model ADDIE (analyze, design, development, implementation and evaluation).
Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sewon Tahun Akademik 2021/2022.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII H sebanyak 29 siswa. Prosedur
pengembangan melalui tahap ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket respon siswa, lembar validasi ahli materi, ahli media, pre-test dan post-test.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) berbasis Quizziz dalam pembelajaran teks fabel siswa SMP Negeri 2 Sewon;
2) Kualitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Quizziz dikatakan valid
berdasarkan penilaian ahli media mendapat skor 48 pada kualifikasi sangat baik,
penilaian ahli materi mendapat skor 66 pada kualifikasi sangat baik; 3) Respon
siswa dengan nilai 275 dengan presentase 94,82% pada kualifikasi sangat baik; dan
4) Hasil tes siswa diperoleh bahwa data nilai tidak terdistribusi normal dan tidak
homogen, sehingga dilakukan uji non parametrik Wilcoxcon. Dengan adanya
pengaruh penggunaan LKPD berbasis quizziz terhadap hasil belajar bahasa
Indonesia pada siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Sewon.

Published
2023-02-17